Popular posts

daytch On Thursday 21 March 2013

 Siklus Darah Haid Yang normal


Siklus haid yang normal yaitu seputar 21-35 hari, sedangkan idealnya seputar 28 hari. Siklus haid mencakup :

Masa Menstruasi
Masa menstruasi itu berjalan selama 2-8 hari, saat selaput rahim dilepaskan hingga perdarahan terjadi serta hormon-hormon ovarium ada pada kandungan terendah.

MAsa Poliferasi
Fase itu terjadi karena perkembangan dari dua fungsional serta menyiapkan rahim sebagai tempat janin. Pada fase itu dimulai dengan kembalinya tumbuh endometrium yang terjadi pada hari ke 12-14.

Masa Sekresi
Masa sekresi terjadii sesudah ada ovulasi di mana hormon progesteron bisa memengaruhi endometrium untuk membuat keadaan rahim siap sebagai tempat janin.

Untuk tahu siklus haid yang normal bisa dihitung dari hari pertama menstruasi sampai mendekati menstruasi di bulan setelah itu. Siklus yang ideal yakni 28 hari. Tetapi, pada remaja akan sering terjadi pergantian siklus hal semacam ini, tapi masih tetap dibatas normal. Siklus haid normal di pengaruhi oleh praovulasiyag bisa beralih tiap-tiap bulannya serta tiap-tiap wanita memilliki ketidaksamaan.
Disamping itu, untuk tahu tanda-tanda darah haid yang normal bisa dipandang dari warna, struktur serta baunya. Darah haid yang normal mempunyai tanda-tanda sebagai tersebut :

  • Berwarna merah masak, hal semacam ini dikarenakan karena darah haid datang dari indung telur.
  • Struktur nya agak kental
  • Darah haid umumnya bakal lebih bau bila dibanding dengan darah umum.

Saat haid wanita terjadi sampai wanita itu alami menopause. Wanita yang mengeluarkan darah haid tidak lebih dari 15 hari masih tetap dianggap sebagai darah haid. Walaupun demikian apabila berjalan lebih dari 15 hari darah itu dianggap sebagai darah istihadoh. Bila anda mengalami haid lebih dari 15 hari, ada baiknya anda periksakan kedokter. Disamping itu wanita yang tengah haid disarankan untuk menggunakan pembalut baik, yang terbuat dari kain maupun pembalut moderen dengan beragam kelebihan, untuk pembalut yang nyaman digunakan yakni pembalut yang terbuat dari bahan herbal.

Penggunaan pembalut waktu haid harus diganti setiap 4 jam sekali atau minimum 2 kali dalam satu hari untuk menghindar ada infeksi pada vagina ataupun masalah lain.
Nah, berikut panduan untuk memilih pembalut yang pas :

  • Tentukan pembalut sesuai dengan kebutuhan
  • Tentukan pembalut yang nyaman digunakan dan gak gampang berkerut
  • Tentukan pembalut yang berdaya serap tinggi
  • Waktu beli pembalut yakinkan kemasannya baik serta tidak rusak
  • Tentukan pembalut yang memiliki bahan lembut serta sangat lentur

Waktu haid sebaiknya anda tidak membatasi keperluan nutrisi untuk tubuh anda. Perbanyaklah mengkonsumsi buah serta sayur dan teratur olahraga supaya waktu anda haid tidak mengalami rasa nyeri berlebihan. Kerjakan gaya hidup sehat supaya kesehatan anda terjaga. Disamping itu ketika haid anda bisa konsumsi Fe atau zat besi 2 kali dalam satu minggu untuk menghindari anemia. Mudah-mudahan artikel ini berguna buat anda.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments